Pages

Friday, August 3, 2012

안녕하세요.... (annyeonghaseyo)

Annisa Uswatun Khasanah, 4 Agustus 2012



Mungkin, bermimpi itu perkara mudah. Namun, menjaga mimpi, itu perkara lain.  Sebuah quote dari Paulo Coelho yang mengispirasi banyak orang, termasuk saya.. “And, when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it.” Bagi sebagian orang, mungkin, It’s just a word, tapi untuk sebagian yang lain, itu mantra. Dan.. mungkin disinilah letak perbedaannya, di mana sebagian orang mampu mencoret 1 per 1 mimpi mereka, dan yang lain, diam di tempat. Yak, dan saya memilih mencoba untuk menjadi orang yang pertama.. 

Tidak cukup satu, dua kali mencoba untuk sampai di sini.. empat, lima, enam, lebih.. Sabar saja tidak cukup, harus sangat sangat sabar.. Gagal, itu teman terdekat bermimpi. Jadi, bagi yang mengaku pemimpi harus siap dan akrab dengan yang namanya gagal. “There is only one thing that makes a dream impossible to achieve: the fear of failure.” (Paulo Coelho). Bermimpilah, jaga, dan percayalah waktu mu akan datang... Trust me, it works, I proved it!!!! And here I am.... KOREA!!!!



Korea.. banyak orang memimpikan untuk berkunjung ke negara ini. Dan, syukur alhamdullilah saya salah satu orang yang beruntung terpilih sebagai peserta “Chungnam National University International Summer School  2012”. 3 minggu, mungkin waktu yang cukup singkat untuk mempelajari budaya, bahasa, hangul (alfabet korea), dan kehidupan orang Korea. Namun, itu waktu yang sangat cukup untuk melihat dan menyadari betapa sejahteranya Korea. Well, tidak diragukan kenapa Korea disebut sebagai salah satu negara macan Asia. Untuk kita orang Indonesia, termasuk saya, mungkin yang pertama kali muncul dalam pikiran ketika menyebut Korea adalah K-pop. Dan, Korea bukan sekedar K-pop: Suju, SNSD, drama korea, it’s just small part.. Mari kita bahas satu-satu... Check this out!!!

a.      Bahasa
Seiring dengan perkembangan K-pop di seluruh dunia, saat ini bahasa Korea mulai banyak dipelajari. Bagi seseorang yang suka belajar bahasa, bahasa Korea adalah bahasa yang menarik untuk dipelajari dan cukup menantang. Saya sarankan untuk balajar Hangul terlebih dahulu.. setelah bisa membaca hurufnya akan lebih mudah mempelajari yang lain, karena jujur, bahasa Korea agak sulit diucapkan dan ditulis dalam tulisan latin. Bagi yang ingin berkunjung ke Korea tapi belum bisa bahasa Korea sangat disarankan untuk membawa buku atau semacam catatan percakapan umum bahasa Korea. Orang Korea jarang yang bisa berbahasa Inggris fasih. Saya sering kesulitan untuk berkomunikasi di sini, bahkan di universitas. So, get well prepared.. 


b.      Makanan
Mungkin, bagi orang Indonesia makanan Korea kurang begitu bersahabat dengan lidah.. Kimchi, adalah makana khas Korea. Kimchi itu semacam sayuran fermentasi yang rasanya sangat asam, tapi sangat bagus untuk kesehatan. Katanya, bisa mencegah kanker. Tapi, hati-hati ketika pertama kali mencoba, saya sarankan cukup ambil sedikit. Kimchi semacam makanan pendamping dan bisa ditemukan kapanpun setiap waktu makan.. Makanan yang lain yang lain seperti bibimbap, bulgogi, dan lain-lain harus hati-hati sebelum mencoba. Bagi yang muslim pastikan tidak ada babinya.. dweji gogi isoyo? (apa ada daging babinya?) salah satu kalimat tanya yang bisa digunakan.. Selama disini, saya tidak terlalu kesulitan dalam hal makanan. Orang Korea itu rata-rata sangat baik, pernah beberapa kali ketika saya benar-benar tidak bisa makana makanan yang ada di kafetaria, seorang Ajma (bibi) yang baik hati membawakan nasi putih dan ikan ke meja saya, karena beliau tau saya tidak makan babi. Dan itu tidak hanya sekali.. 

Di Korea budaya makan-makan seperti yang kita sering lihat di drama Korea memang ada. Ada sangat banyak tempat makan di seluruh penjuru kota, dan yang mengherankan adalah semua ramai. Saya sarankan untuk tidak sembarangan masuk ke tempat makan itu. Saya sarankan sebelum memilih tempat makan tannyalah pada orang yang sudah mengenal tempat itu atau minimal yang bisa membaca hangul.. karena semua menu akan tertulis dalam Hangul dan pelayan tidak bisa menerangkan menu dalam bahasa Inggris... Jadi, intinya, hati-hati... 


To be continued...


0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

http://andikarinaldo.tumblr.com/ http://annisaukh.blogspot.com/ http://aussieandry.tumblr.com/ http://deowijaya.tumblr.com/ http://estriaputri.tumblr.com/

Total Pageviews